Pembekalan Kampus Mengajar Angkatan IV

Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan melalui kegiatan Kampus Mengajar adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Pada tahun 2024 ini kegiatan Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan telah memasuki Angkatan IV dan pelaksanaannya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Merauke. Tahapan pelaksanaan kegiatan Kampus Mengajar angkatan IV diawali dengan perekrutan mahasiswa melalui seleksi administrasi dan wawancara. Dari 114 pendaftar, sebanyak 86 peserta dinyatakan lulus wawancara dan berhak mengikuti  pembekalan.

Pembekalan Kampus Mengajar Angkatan IV dikuti oleh 86 mahasiswa dan 39 dosen pendamping lapangan (DPL). Tujuan pembekalan adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi mahasiswa untuk membantu sekolah dan guru dalam proses pembelajaran terutama untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi manajerial sekolah. Bagi DPL, pembekalan diharapkan mampu memberikan pemahaman dan kesamaan persepsi tentang tugas pembimbingan. Secara umum, materi pembekalan terdiri dari materi pengetahuan, keterampilan, soft skills yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa.

Pada pelaksanaan program, sebanyak 86 mahasiswa ditempatkan di 43 sekolah dasar yang terdapat dalam 43 kampung di 12 distrik yang ada di Kabupaten Merauke selama empat bulan. Program ini memiliki banyak manfaat, selain daripada upaya pemenuhan hak mahasiswa Merdeka Belajar, kegiatan belajar mahasiswa juga akan lebih bermakna karena terjun langsung ke lapangan. Bukan hanya teori yang diperoleh, tapi pengetahuan akan diperoleh mahasiswa melalui kasus-kasus nyata di lapangan (case method) dan karena program ini dilakukan secara berkelompok, maka mahasiswa akan mengasah kemampuannya dalam hal komunikasi dan adaptasi (problem based learning). Kegiatan penugasan dilakukan setelah mahasiswa melakaukan observasi sekolah, menyusun rancangan kegiatan, dan menyusun laporan awal. Saat penugasan, mahasiswa diwajibkan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan selama seminggu. Pelaporan kegiatan dan pembimbingan dilakukan melalui link pelaporan yang sudah disediakan oleh Panitia Kegiatan.

Pada akhir program dilakukan proses serah terima mahasiswa. Mahasiswa berkoordinasi dengan pihak sekolah dan DPL untuk melakukan proses serah terima mahasiswa. Setelah kembali ke kampus, mahasiswa mengumpulkan laporan akhir dan video kegiatan. Seluruh kegiatan mahasiswa mendapat pengakuan konversi ke dalam 20 sks pembelajaran.

Related Articles

Information

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Jalan Kamizaun Mopah Lama, Merauke, Papua, 99611
   unmus.ac.id

Visitor

Indonesia 85.7% Indonesia
United States 9.8% United States

Total:

27

Countries
003361
Today: 17
Yesterday: 15
This Week: 70
Last Week: 79
This Month: 170
Last Month: 312
Total: 3,361