Dosen PGSD Universitas Musamus Ikuti Refreshment Pelatihan Literasi Baca Tulis dan Numerasi
Sorong, 13 Agustus 2024 – Sejumlah dosen dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Musamus (Unmus) Merauke menghadiri acara Refreshment Pelatihan Literasi Baca Tulis dan Numerasi yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong yang dimulai pada tanggal 5-9 Agustus 2024. Acara ini merupakan kerjasama antara Unimuda Sorong dan UNICEF, dengan fokus pada Literasi Baca Tulis dan Numerasi bermuatan Disiplin Positif dan kelas Inklusi.
Dosen-dosen PGSD Unmus yang turut serta dalam pelatihan ini di antaranya adalah Ratna Purwanty, Eva Nirtha, Bernadetha Riski Kaize, Rudolfus Ruma Bay, dan Syahfitriani Boru Ginting. Mereka bergabung dengan 35 peserta lainnya dari 8 institusi pendidikan lainnya dari berbagai daerah ditanah Papua untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam literasi baca tulis dan numerasi, khususnya yang relevan dengan pengajaran di kelas inklusif.
Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari General Manager Unicef-Unimuda Sorong, Bapak Dr. Nursalim, M.Pd yang menyampaikan pentingnya peran tenaga pendidik dalam mengembangkan literasi dasar di kalangan siswa. Bapak Nursalim menekankan bahwa kemampuan literasi yang baik merupakan fondasi utama dalam pendidikan yang berkualitas.
Rektor Unimuda Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si, juga hadir dan memberikan kata sambutan sekaligus menutup kegiatan yang berlangsung selama lima hari tersebut. Dalam pidatonya, beliau menyoroti pentingnya inovasi dalam metode pengajaran, terutama dalam konteks inklusi. Dr. Rustamadji menyatakan bahwa pendidikan inklusif harus menjadi prioritas utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang adil dan setara bagi semua siswa, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para dosen dalam menerapkan pendekatan yang lebih efektif dan inklusif di ruang kelas. Dengan begitu, mereka dapat turut serta dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Papua dan Papua Barat.
Partisipasi dosen-dosen dari Universitas Musamus ini menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan kompetensi diri demi mendukung peningkatan kualitas pendidikan dasar di daerah masing-masing. Semoga hasil dari pelatihan ini dapat diterapkan secara nyata di lapangan dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.