Hibah PDS FKIP Berhasil Mendapatkan Hibah PDS
FKIP ikut

...

Read more ...
Dekan FKIP
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Sosialisasi Visi Misi FKIP
Jakarta – Belmawa (13/5/2018) Kegiatan Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS)
“Unsur utama pendidikan guru adalah dosen, maka dosen LPTK harus menjadi model bagi mahasiswa calon guru. Oleh karenanya, dosen harus mampu memberikan contoh baik bagi mahasiswa calon guru, dalam melaksanakan tugas keprofesiannya, termasuk strategi melaksanakan pembelajaran di kelas”.
Sosialisasi Internal Program Hibah PDS
Senam Sehat dan Bakti Lingkungan FKIP Musamus
Senam Sehat FKIP Musamus
Senam Zumba bersama Dekan, Dosen, Staf dan Mahasiswa FKIP
No result...

Jurusan Sastra Inggris

Visi

Jurusan Sastra Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) menetapkan Visi :

Sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan Sarjana Sastra Inggris yang unggul dalam bidang ilmu bahasa dan kesastraan Inggris  di kawasan timur Indonesia dalam menghadapi persaingan global dengan mengedepankan kearifan lokal pada tahun 2021.

 

Misi

Visi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) dijabarkan dalam beberapa misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengkajian ilmu bahasa dan kesastraan Inggris yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu bahasa dan kesastraan Inggris.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang ilmu bahasa dan kesastraan Inggris.

 

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Jurusan Pendidikan Sastra Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul  di bidang ilmu bahasa dan kesastraan Inggris yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, menjunjung tinggi etika profesi, disiplin, berperilaku baik, dan berdaya saing tinggi.
  2. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga profesional dalam bidang ilmu bahasa dan kesastraan Inggris.
  3. Menyiapkan peserta didik yang siap bekerja dalam bidang ilmu bahasa dan kesastraan Inggris sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, yakni memiliki : sikap yang baik (attitude), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill) yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja.
  4. Menyiapkan lulusan yang dapat mengimplementasikan keahliannya dalam bidang bahasa dan sastra Inggris dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
  5. Memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan serta mengikuti perkembangan IPTEK yang berkaitan dengan ilmu bahasa dan kesastraan Inggris.

Jurusan Pendidikan Fisika

Visi

Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) menetapkan Visi :

Pada tahun 2021 Jurusan Pendidikan Fisika unggul dalam penguasaan strategi pembelajaran fisika di kawasan Papua.

Misi

Visi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) dijabarkan dalam beberapa misi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan pada bidang pendidikan fisika.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan fisika.
  3. Menerapkan hasil pengabdian di masyarakat.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai Strategi Pembelajaran Fisika berbasis kearifan lokal.
  2. Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila dan memahami manajemen pendidikan. 
  3. Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian yang berbasis kearifan lokal.

                                                                                                                  SEJARAH BERDIRINYA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

                                                                                                                                              UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE

                                                                    

 

 

          Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus resmi dibuka pada tahun 2009 melalui surat Keputusan Yayasan pendidikan Anim No. 100 Tahun 2009. Pada awal berdirinya, FKIP menyelenggarakan tiga program studi, yaitu Progran Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan rekresai (PJKR), Program Studi Pendidikan Matematika (PMat), dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). 

         Pada tahun 2010 FKIP diberikqan izin menyelenggarakan satu program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Pada tahun 2011, FKIP Universitas Musamus kembali dipercaya menyelenggarakan dua program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD). Selanjutnya pada tahun 2012, FKIP Universitas Musamus kembali diberi izin untuk menyelenggarakan lagi dua program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Pendidikan Kimia. Kemudian pada tahun 2013, FKIP Universitas Musamus mendapat mandat dari Rektor Universitas Musamus untuk menyelenggarakan sebuah program studi non-keguruan, yaitu Program Studi Sastra Inggris.

       Sejak FKIP dibentuk pada tahun 2009 sampai dengan Agustus 2015, jabatan Dekan Fakultas diamanahkan kepada Dr. Basilius Redan Werang, S.S., S.Sos., JCL. Karena Pada bulan Agustus 2015, Dr. Basilius Redan Werang, S.S., S.Sos., JCL secara resmi menyatakan untuk TIDAK BERSEDIA diangkat kembali menjadi dekan fakultas, maka sejak 1 September 2015 jabatan Dekan Fakultas dialihtugaskan kepada Ibu Yenni P. Pasaribu, S.T., M.Si (sampai dengan saat ini).

 

Jurusan Pendidikan Kimia

 

Visi

Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) menetapkan Visi :

Pada tahun 2021 menjadi  Program Studi Pendidikan Kimia yang unggul di kawasan timur Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang menguasai pengembangan materi kimia di sekolah

 

Misi

Visi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) dijabarkan dalam beberapa misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran tenaga kependidikan dalam bidang kimia yang berkualitas, adaptif, berkarakter dan mendorong potensi pengembangan bidang ilmu kimia. 
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian (baik kajian teoritis maupun aplikatif) dalam bidang kependidikan kimia maupun ilmu kimia dan forum sosialisasi hasil penelitian kepada masyarakat. 
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat hasil dari penelitian dosen.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pencapaian visi Program Studi 

 

Tujuan 

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah: 

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang mampu mengembangkan bahan pembelajaran kimia di sekolah, beradaptasi dan berkarakter. 
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang terampil mengelola proses pembelajaran kimia di sekolah. 
  3. Menghasilkan sarjana yang inovatif dan terampil dalam mengelola laboratorium kimia di sekolah, instansi pemerintah, maupun instansi swasta. 
  4. Menghasilkan sarjana yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

  

Sasaran dan Strategi Pencapaian

 Sasaran yang akan dicapai Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah :

  1. Memperoleh mahasiswa baru yang memiliki motivasi dalam mengembangkan dan mendalami ilmu kependidikan kimia.
  2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Program Studi Pendidikan Kimia.
  3. Menjamin terselenggaranya kurikulum yang relevan dengan pasar kerja.
  4. Menjamin terselenggaranya proses pembelajaran yang kondusif, dinamis dan parsitipatif
  5. Tersedianya sarana prasarana pengembangan kegiatan pendidikan kimia
  6. Tersedianya sarana prasarana pendukung kegiatan pendidikan kimia

Sasaran strategis dalam Renstra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) 2018 - 2021 sebagai berikut :

  1. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tiga jenis seleksi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri serta pemberian beasiswa.
  2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) melalui pendidikan formal dan non-formal antara lain dengan meningkatkan strata pendidikan dosen dan tenaga kependidikan ke jenjang yang lebih tinggi, meningkatkan partisipasi dosen dan tenaga kependidikan dalam forum-forum ilmiah, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah berbasis visi program studi.
  3. Peninjauan kembali kurikulum selambat-lambatnya lima tahun sekali, meninjau keselarasan GBBP SAP dengan materi ajar, serta meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan metode dan media pembelajaran.
  4. Peningkatan kualitas proses pembelajaran melalui perencanaan, pengajaran dan evaluasi pembelajaran secara berkala dengan dukungan fasilitas yang memadai, pelaksanaan pembimbingan akademik yang intensif dengan pendekatan personal kepada mahasiswa, serta menjaga daan meningkatkan hubungan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, instansi terkait, dan calon pengguna lulusan.
  5. Tersedianya fasilitas berupa ruang kelas, laboratorium kimia, hotspot area, dan perpustakaan Jurusan.
  6. Tersedianya fasilitas pendukung berupa tempat ibadah, lapangan olahraga, kantin, lapangan parkir, bank dan ATM.