Hibah PDS FKIP Berhasil Mendapatkan Hibah PDS
FKIP ikut

...

Read more ...
Dekan FKIP
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Sosialisasi Visi Misi FKIP
Jakarta – Belmawa (13/5/2018) Kegiatan Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS)
“Unsur utama pendidikan guru adalah dosen, maka dosen LPTK harus menjadi model bagi mahasiswa calon guru. Oleh karenanya, dosen harus mampu memberikan contoh baik bagi mahasiswa calon guru, dalam melaksanakan tugas keprofesiannya, termasuk strategi melaksanakan pembelajaran di kelas”.
Sosialisasi Internal Program Hibah PDS
Senam Sehat dan Bakti Lingkungan FKIP Musamus
Senam Sehat FKIP Musamus
Senam Zumba bersama Dekan, Dosen, Staf dan Mahasiswa FKIP
No result...

Pengenalan Gerakan Literasi Sekolah di SD Al-Khodijah Merauke

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat pemenang seleksi Simlitabmas Dikti pendanaan tahun anggaran 2019 pada Skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Sri Winarsih, S.Pd.,M.Pd. dari Prodi Sastra Inggris dengan menggandeng Marni Bawawa, S.Pd.,M.Pd dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga melibatkan beberapa mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Pengenalan Gerakan Literasi di SD Al-Khodijah Merauke. SD AKhodijah beralamat di Jalan L.B. Murdani Tanah Miring SP II. Kegiatan yang dilaksanakan menggunakan metode workshop dan pendampingan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 sampai kegiatan simulasi pada tanggal 22 Agustus 2019. Kemudian dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi tahap pertama tanggal 7 Agustus 2019.  

 

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan gerakan literasi yang aktivitasnya dilakukan di sekolah dengan melibatkan siswa, pendidik, tenaga kependidikan, serta orangtua wali. Budaya literasi menjadi sangat penting untuk dibangun guna meningkatkan kualitas hidup, daya saing, pengembangan karakter bangsa, pengembangan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan di abad milenial bagi masyarakat Indonesia. Program GLN yang diimplementasikan mencakup tiga ranah yakni Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga, dan Gerakan Literasi Masyarakat. Mengusung judul Pengenalan Gerakan Literasi di SD Al-Khodijah Merauke, tim pelaksana beserta pihak SD Al-Khodijah dapat mengembangkan satu program Gerakan Literasi Sekolah, dan mengembangkan bahan bacaan literasi berbasis karya sastra berupa cerita rakyat bergambar.

 

Melalui metode pengenalan, pelatihan dan penerapan, yang dirangkai dalam kegiatan workshop dan pelatihan lalu diakhiri dengan kegiatan simulasi atau praktek bersama guru-guru/pihak sekolah dan siswa-siswi, program pengabdian ini meciptakan hasil sebagai berikut; Pertama, Pemahaman guru dan pihak sekolah tentang Gerakan Literasi Nasional lebih khususnya Gerakan Literasi Sekolah yang terukur melalui tanya jawab. Kedua) Kemampuan guru dan seluruh pihak sekolah dalam menyusun sebuah Program GLS yang dapat diterapkan di lingkungan SD Al-Khodijah Merauke yang terukur melalui draft Program GLS SD-Al-Khodijah Merauke, dan kemampuan guru-guru dalam mengembangkan media literasi berbasis karya sastra yang dikembangkan dengan media gambar digital. Ketiga, penerapan program GLS yang terorganisir dan berkelanjutan untuk meningkatkan minat dan kemampuan baca dan tulis siswa yang terukur dalam kegiatan monitoring dan evaluasi.

 

Sebagai penutup, tim pelaksana Pengabdian mengucapkan terimakasih kepada SIMLIBTABMAS Ristek Dikti pada skim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) atas pendanaan tahun anggaran 2019. Terimakasih pula kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini terutama kepada Rektor Universitas Musamus, Prof. Dr. Philipus Betaubun, S.T., M.T yang telah memberikan dukungan untuk terus berkarya, Kepala SD Al-Khodijah Merauke, bapak Gustanul Arifin, S.Pd., beserta segenap pendidik yang telah menyambut dengan hangat dan bersinergi dalam menggiatkan Gerakan Literasi Sekolah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Musamus yang selalu memberikan pelayanan dan fasilitas bagi dosen dalam melakukan penelitian/pengabdian. Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat secara berkelanjutan dan dapat memotivasi para insan-insan pendidik lainnya agar semakin semangat berkarya.

 

Sudah berapa lembar kamu baca hari ini? 

Salam Literasi!