Jurusan Pendidikan Kimia

Jurusan Pendidikan Kimia

 

Visi

Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) menetapkan Visi :

Pada tahun 2021 menjadi  Program Studi Pendidikan Kimia yang unggul di kawasan timur Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang menguasai pengembangan materi kimia di sekolah

 

Misi

Visi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) dijabarkan dalam beberapa misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran tenaga kependidikan dalam bidang kimia yang berkualitas, adaptif, berkarakter dan mendorong potensi pengembangan bidang ilmu kimia. 
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian (baik kajian teoritis maupun aplikatif) dalam bidang kependidikan kimia maupun ilmu kimia dan forum sosialisasi hasil penelitian kepada masyarakat. 
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat hasil dari penelitian dosen.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pencapaian visi Program Studi 

 

Tujuan 

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah: 

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang mampu mengembangkan bahan pembelajaran kimia di sekolah, beradaptasi dan berkarakter. 
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang terampil mengelola proses pembelajaran kimia di sekolah. 
  3. Menghasilkan sarjana yang inovatif dan terampil dalam mengelola laboratorium kimia di sekolah, instansi pemerintah, maupun instansi swasta. 
  4. Menghasilkan sarjana yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

  

Sasaran dan Strategi Pencapaian

 Sasaran yang akan dicapai Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah :

  1. Memperoleh mahasiswa baru yang memiliki motivasi dalam mengembangkan dan mendalami ilmu kependidikan kimia.
  2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Program Studi Pendidikan Kimia.
  3. Menjamin terselenggaranya kurikulum yang relevan dengan pasar kerja.
  4. Menjamin terselenggaranya proses pembelajaran yang kondusif, dinamis dan parsitipatif
  5. Tersedianya sarana prasarana pengembangan kegiatan pendidikan kimia
  6. Tersedianya sarana prasarana pendukung kegiatan pendidikan kimia

Sasaran strategis dalam Renstra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) 2018 - 2021 sebagai berikut :

  1. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tiga jenis seleksi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri serta pemberian beasiswa.
  2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) melalui pendidikan formal dan non-formal antara lain dengan meningkatkan strata pendidikan dosen dan tenaga kependidikan ke jenjang yang lebih tinggi, meningkatkan partisipasi dosen dan tenaga kependidikan dalam forum-forum ilmiah, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah berbasis visi program studi.
  3. Peninjauan kembali kurikulum selambat-lambatnya lima tahun sekali, meninjau keselarasan GBBP SAP dengan materi ajar, serta meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan metode dan media pembelajaran.
  4. Peningkatan kualitas proses pembelajaran melalui perencanaan, pengajaran dan evaluasi pembelajaran secara berkala dengan dukungan fasilitas yang memadai, pelaksanaan pembimbingan akademik yang intensif dengan pendekatan personal kepada mahasiswa, serta menjaga daan meningkatkan hubungan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, instansi terkait, dan calon pengguna lulusan.
  5. Tersedianya fasilitas berupa ruang kelas, laboratorium kimia, hotspot area, dan perpustakaan Jurusan.
  6. Tersedianya fasilitas pendukung berupa tempat ibadah, lapangan olahraga, kantin, lapangan parkir, bank dan ATM.