Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Visi

Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) menetapkan Visi :

Pada tahun 2021 secara cerdas menghasilkan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang profesional dengan mengedepankan kearifan lokal di kawasan timur Indonesia melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 

Misi

Visi Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) dijabarkan dalam beberapa misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan, mengembangkan dan memantapkan bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dalam suasana akademik yang efektif dan efisien pada tingkat pendidikan menengah pertama dan menengah atas guna menghasilkan sarjana yang unggul, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti, inovatif, dan mampu bersinergi di masyarakat. 
  2. Melaksanakan penelitian bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi pada tingkat pendidikan menengah pertama dan menengah atas yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk aktivitas pendukung seperti prlatihan, seminar, dan klinik yang berkaitan dengan pengembangan softskill bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi untuk tingkat pendidikan menengah pertama dan menengah atas yang dijiwai nilai kreatif, inovatif, dan adaptif.
  4. Menggalang kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan organisasi budang olahraga dengan semangat empati, religius, adaptif dan nasionalis. 
  5. Mengembangkan iptek keolahragaan dengan memasukan unsur kebudayaan daerah dalam mata kuliah.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian  akademik dan profesional dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tingkat pendidikan menengah pertama dan menengah atas dengan mengedepankan kearifan lokal yang meliputi daya saing tinggi, berbudi pekerti, religius, adaptif, nasionalis. 
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan bahan ajar dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
  3. Menghasilkan program-program kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tingkat pendidikan menengah pertama dan menengah atas dengan landasan sifat kemandirian, kepribadian, professional, dan nasionalis.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait dengan pengembangan bidang pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. 
  5. Menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan budaya lokal.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran yang akan dicapai Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah :

A. Sasaran dan Strategi Jangka Pendek (2017-2019)

  1. Penguatan kompetensi pembelajaran dosen melalui studi lanjut dan pelatihan terstruktur.
  2. Penguatan manajemen pengabdian masyarakat dan praktik pengabdian berbasis hasil riset dosen.
  3. Peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam riset dan pengabdian masyarakat. 
  4. Sosialisasi visi, misi dan tujuan Jurusan/Program Studi Penjaskesrek Unmus secara internal kepada segenap civitas akademik Jurusan/Program Studi Penjaskesrek Unmus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNMUS, Universitas Musamus dan stakeholder. 

B. Sasaran dan Strategi Jangka Menengah (2017-2021)

  1. Pengembangan keterlibatan mahasiswa dalam riset dan pengabdian masyarakat. 
  2. Peningkatan kualitas layanan non akademik mahasiswa, melalui pemberdayaan dosen pembimbing dan tenaga administrasi Jurusan/Progran Studi. 

C. Sasaran dan Strategi Jangka Panjang (2017-2042)

Sasaran dan strategi jangka panjang Jurusan/Program Studi Penjaskesrek berdasarkan statuta Universitas Musamus tahun 2016 disebutkan dalam pasal 25 ayat 1a tentang rencana jangka panjang yang memuat rencana dan program 25 tahun yang pada saat ini masih dirumuskan oleh tim Universitas Musamus. Adapun rincian strategi jangka panjang Jurusan/Program Studi Penjaskesrek yaitu :

  1. Mengembangkan Jurusan/Program Studi Penjaskesrek menjadi jurusan/program studi yang terbaik di Indonesia dan Asia. 
  2. Melajukan pertukaran mahasiswa ke luar Negeri. 
  3. Meningkatkan Dosen studi lanjut ke luar Negeri. 
  4. Meningkatkan kerjasama luar Negeri. 
  5. Meningkatkan kualitas pendidikan berbasis IT.