Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Visi

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) menetapkan Visi :

Pada tahun 2021 Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi pusat pengembangan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyrakat dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter, adaptif, berjiwa seni, dan berdaya saing di kawasan Timur Indonesia.

Misi

Visi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) dijabarkan dalam beberapa misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter, adaptif, berjiwa seni, dan berdaya saing di kawasan timur Indonesia.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter, adaptif, berjiwa seni, dan berdaya saing di kawasan timur Indonesia.
  3. Mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam pengabdian kepada masyarakat secara adaptif dengan jalan memberi penataran, penyuluhan, pelatihan, dan pembinaan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia di kawasan timur Indonesia.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Musamus (UNMUS) adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional dalam bidang pendidikan/pengajaran, penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berkarakter, daptif, berjiwa seni, dan berdaya saing di kawasan timur Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbasis siswa aktif. 
  3. Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep dan prinsip pedagogik, yakni menguasai karakteristik peserta didik, teori belajar, kurikulum, teknologi informasi, dan komunikasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menentukan dan memberikan keputusan transaksional pembelajaran berdasarkan analisis informasi dan data serta dapat memilih berbagai alternatif solusi permasalahan pembelajaran.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan dengan menjunjung nilai budaya.